Review Singkat Kofibru Coffee Shop Magelang November 19, 2022 – Posted in: Coffee Shop, Industri Kopi

Hampir semua daerah “Pecinan” di berbagai kota di Indonesia memiliki karakter yang sama, yaitu merupakan daerah perdagangan. Kali ini saya mengunjungi sebuah coffee shop yang berada di daerah Pecinan kota Magelang yang bernama Kofibru.

Menemukan lokasi kedai kopi ini sangatlah mudah, karena berada di daerah Pecinan yang merupakan salah satu pusat kota Magelang. Untuk lebih detailnya berada di Jl. Pemuda No.50, Kemirirejo, Magelang. Buat kalian yang kurang paham bisa gunakan aplikasi google map dengan memasukan keyword “Kofibru”.

Baca juga : The Cabin Coffee Bar, tempat ngopi ter cozy di Magelang

Saya mulai mengurangi kecepatan kendaraan ketika memasuki jalan Pemuda Magelang sambil mengamati letak Kofibru berada. Akhirnya ketemu juga coffee shop ini dan lokasinya berada di kanan jalan, sehingga saya harus parkir di sisi kiri jalan.

Tempat parkir disini merupakan lokasi parkir umum, dimana kita menjadi satu dengan mereka yang mengunjungi daerah Pecinan. Untungnya ada beberapa petugas parkir yang sigap dan ramah memandu saya untuk memarkirkan kendaraan dengan rapi dan aman.

Dari lokasi parkir akan terlihat jelas bangunan sisi depan dari Kofibru, karena mereka memiliki konsep bangunan yang sangat berbeda dengan yang ada di sekelilingnya. Disini saya sudah bisa menebak jika kedai kopi ini memiliki konsep bangunan modern minimalis, karena disisi depan terdapat dinding kaca yang besar, beberapa spot duduk diluar, dan terdapat logo Kofibru yang besar di dinding putih di sisi atas.

Sisi depan Kofibru Magelang
Sisi depan Kofibru Magelang

Tanpa berlama – lama saya segera menyebrang jalan dan memasuki kedai kopi tersebut. Modern minimalis nan bersih langsung terasa ketika pertama memasuki coffee shop ini, karena seluruh dinding, spot duduk indoor, serta meja bar menggunakan warna putih dan memiliki desain yang simpel.

Baca juga : On The Rocks Salatiga, coffee shop modern dan minimalis di Salatiga

Kopipedia Indonesia

Kopipedia Indonesia

Bergabunglah dengan Facebook Group kami sekarang dan dapatkan informasi terbaru tentang dunia kopi!

Di dekat pintu masuk terdapat spot duduk dengan meja memanjang serta beberapa kursi yang menghadap jalan raya. Sepertinya duduk disebelah sini sangat seru, karena kita bisa menikmati kopi sambil melihat lalu lalang kendaraan serta beberapa pejalan kaki yang sibuk keluar masuk toko.

Salah satu spot duduk di Kofibru Magelang
Salah satu spot duduk di Kofibru Magelang

Di sebelah kanan pintu masuk terdapat sebuah meja bar memanjang yang berwarna putih bersih. Seperti dengan coffee shop pada umumnya, dimana meja bar di kedai kopi ini menjadi tempat untuk transaksi jual beli, menampilkan produk, dan tempat untuk meracik beberapa menu minuman.

Sebuah mesin espresso dan grinder dengan ukuran besar berdiri cantik diatas meja bar yang memanjang. Pemilihan warna putih untuk kedua gear utama tersebut membuat konsep meja bar menjadi terlihat modern minimalis yang menyatu dengan konsep ruangannya. Beberapa botol sirup perasa tertata rapi di salah satu sisinya dan di sisi lainnya terdapat meja kasir serta showcase cookies.

Meja Bar Kofibru Magelang
Meja Bar Kofibru Magelang

Akhirnya saya menuju ke kasir yang ada di salah satu sudut meja bar untuk memesan minuman. Barista disini sungguh ramah dan sangat menguasai produk yang dijual. Untuk menu yang ditawarkan di Kofibru sangat komplit, dimana terdapat varian coffee, mocktail, flavored latte, frappe, milk, chocolate, refresh, dan plant powered.

Penamaan menu yang unik serta varian yang banyak membuat orang awam seperti saya menjadi bingung, tetapi untungnya sang barista dengan sigap dan antusias menjelaskan rincian menunya. Menurut nya beberapa menu yang disajikan hanya ada disini dan tidak ada di tempat lain. Akhirnya saya memilih “ice sakura” yang menjadi salah satu menu baru dan best seller akhir-akhir ini.

Menu Kofibru Magelang
Menu Kofibru Magelang

Setelah melakukan pembayaran maka selanjutnya saya mencari spot duduk. Di ruangan indoor sendiri terdapat beberapa meja kursi dengan warna putih yang tertata rapi di seberang meja bar.

Pemilihan warna putih, material yang simpel, serta penggunaan beberapa kaca di depan dan belakang mampu menjadikan ruangan indoor di kofibru terasa lega. Selain itu suhu AC yang yang cukup dan volume musik yang tidak terlalu kencang semakin membuat ruangan ini semakin nyaman.

Indoor Kofibru Magelang
Indoor Kofibru Magelang

Berhubung ingin merokok, maka saya putuskan keluar ke belakang menuju spot smoking area. Disini terdapat beberapa meja kursi minimalis berwarna putih yang ditata di atas hamparan batu yang cantik. Memang tidak terlalu luas, tetapi spot disini senada dengan konsep utama yang modern minimalis.

Baca Juga : Skapat Coffee House, coffee shop modern minimalis di Boyolali

Outdoor belakang Kofibru Magelang
Outdoor belakang Kofibru Magelang

Belum sebatang rokok habis, ternyata minuman saya sudah jadi. Kemudian saya mematikan rokok dan bergegas mengambil “ice sakura” dan memilih untuk duduk di dalam, karena ingin melanjutkan pekerjaan menggunakan laptop.

Cup plastic yang menjadi wadah minuman saya sungguh bagus dan solid, tidak seperti kedai kopi pada umumnya. Untuk rasa dari “ice sakura” sendiri sangat segar dan nikmat. Sebenarnya minuman ini merupakan kombinasi espresso, susu, dan flavour sakura.

Ice Sakura Kofibru Magelang
Ice Sakura Kofibru Magelang

Dari Kofibru Magelang saya mendapatkan banyak sekali pelajaran. Pemilihan lokasi usaha kopi yang strategis merupakan nilai lebih tersendiri. Selanjutnya pemilihan konsep yang jelas yang diaplikasikan pada bangunan, interior, logo, dan menu menjadikan sebuah coffee shop memiliki nyawa.

Pesanan online di Kofibru tidak kalah ramai dengan yang dine in, dimana hal tersebut dapat dilihat dari beberapa kali terdapat ojek online yang  bergantian keluar masuk untuk melakukan transaksi. Sungguh flow seperti ini yang didambakan oleh beberapa pemilik kedai kopi.

Untuk kalian yang ingin membuka coffee shop tidak ada kata terlambat, selama perencanaan yang matang dari segala sisinya. Salah satu strategi yang menguntungkan adalah dengan mengoptimalkan penjualan lewat online seperti yang dilakukan oleh Kofibru.

Baca Juga : Tren bisnis dan usaha kopi tahun ini.

Sekian perjalanan kali ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Sukses selalu Kofibru Magelang. Salam Rahayu.

Peta Jalan Kofibru Coffee Magelang
Peta Jalan Kofibru Coffee Magelang

Kofibru Coffee & Cookies Magelang

Jl. Pemuda No.50, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56188

Hari Buka: Senin – Minggu
Jam Buka: 09.00 WIB – 21.00 WIB

Kontak: 0878-8640-5885
Instagram: @kofibru.id

Bergabung dan ikutilah perjalanan kami selanjutnya!