Berkunjung ke 1915 Arts Koffie Huis Salatiga March 29, 2024 – Posted in: Coffee Shop, Industri Kopi – Tags:

1915 Arts Koffie Huis adalah kedai kopi yang berada di bangunan lama, dimana mereka merawatnya dengan sangat istimewa. Kita akan terbius ke suasana romantis nan klasik ketika berada di dalamnya.

Salatiga merupakan salah satu kota di Indonesia yang terdapat banyak sekali bangunan lama peninggalan jaman kolonial yang masih terawat dan dilestarikan. Kali ini saya berkunjung ke 1915 Arts Koffie Huis, dimana mereka menggunakan bangunan lama yang masih asri dan terawat.

Salah satu sudut 1915 Arts Koffie Huis

Berada di jalan Buk Suling no 17 Salatiga menjadikan kedai kopi ini mudah dikunjungi, karena tidak jauh dari pusat kota. Kalian akan menjumpai area parkir yang luas dan suasana yang sangat asri ketika pertama sampai di lokasi.

Dari area parkir sudah terasa suasana sejuknya, karena bangunan coffee shop ini penuh dengan tanaman hijau di setiap sudutnya. Setelah memarkirkan kendaraan, maka saya langsung masuk menuju bangunan utama melewati sedikit undakan khas bangunan jaman kolonial.

Baca juga : Sejarah Perkembangan Arsitektur Kolonial di Indonesia

Saya langsung menuju area bar untuk memesan minuman dan memutuskan memesan es americano, bukan long black. Sama dengan coffee shop proper lainnya, dimana barista disini juga sangat ramah dan sigap. Setelah melakukan transaksi, maka saya lanjut berkeliling untuk memilih tempat duduk. Jujur sangat susah sekali memilih spot duduk disini, karena setiap sudutnya menawarkan suasana yang sangat berkarakter. Memilih yang terbaik dari yang baik memang bukan keputusan yang mudah.

Baca juga : Perbedaan americano dan long black

Area duduk di dalam bangunan disini sungguh berkarakter. Sepertinya mereka tetap mempertahankan interior dan furniture sesuai dengan zamannya, karena ketika berada di dalam terasa seperti di suasana orang kaya di jaman Belanda. Maaf, itu imajinasi saya, hehe. 

Semua area outdoor nya penuh dengan tanaman, mungkin lebih tepatnya seperti taman. Meskipun banyak sekali tanaman, tetapi mereka mampu menata dengan rapi dan indah yang menjadikan siapa saja yang berada disini terasa nyaman dan betah.

Akhirnya saya memutuskan duduk di area outdoor sisi depan. Tidak berselang lama kemudian minuman saya diantarkan. Minum es americano di bangunan secantik ini sungguh pengalaman yang sangat seru. Saat ini saya berkhayal menjadi seorang pemilik pabrik gula di jaman dulu yang sedang ngopi di teras rumah, hehe.

Saya sungguh salut dengan 1915 Arts Koffie Huis, karena mereka tetap merawat dan menjaga bangunan yang sudah berumur ini tetap terlihat cantik dan berkarakter. Sukses selalu 1915 Arts Koffie Huis. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam rahayu.