Beberapa Bisnis Franchise Kopi Kekinian yang Paling Laris February 18, 2023 – Posted in: Kopipedia

Franchise kopi, terutama varian kopi susu kekinian masih menjadi primadona hingga saat ini. Hal ini salah satunya karena Indonesia dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Menjadikan kopi bagian dari kehidupan sehari-hari, tiada hari tanpa kopi, begitu mungkin istilahnya.

Industri kopi dengan model take away mungkin dikenalkan dan booming lewat Starbucks. Ditambah di Indonesia juga mulai marak berdiri banyak sekali coffee shop. Ya, ngopi yang biasanya hanya di rumah atau pun warung kecil, bisa dikatakan naik kelas.

Kopi yang disajikan pun bukan lagi kopi instan (sachet). Tetapi kopi asli, kopi segar yang baru digiling, disajikan dengan berbagai macam cara penyeduhan. Juga bermacam-macam varian minuman berbasis kopi, ada yang dicampur susu, syrup atau bahkan rempah-rempah.

Bisnis franchise kopi pun kemudian diminati banyak orang. Apalagi di Indonesia juga banyak brand franchise kopi ini. Semuanya bisa disesuaikan, mau seperti coffee shop konvensional atau hanya outlet kecil di kawasan perbelanjaan dan juga food court.

Nah, berikut beberapa franchise kopi yang cukup besar di Indonesia.

Baca juga : Perbedaan Coffee Shop Slow Bar & Coffee Shop Fast Bar

Kopipedia Indonesia

Kopipedia Indonesia

Bergabunglah dengan Facebook Group kami sekarang dan dapatkan informasi terbaru tentang dunia kopi!

Kopi Janji Jiwa

Pertama kali didirikan oleh CEO saat ini, Billy Kurniawan pada tahun 2018 di ITC Kuningan, Jakarta. Kopi Janji Jiwa Mempunyai tagline “kopi dari hati”, merupakan komitmen untuk selalu mempertahankan rasa di seluruh outlet. Selain itu juga selalu konsisten untuk membeli biji kopi langsung dari petani.

Hingga saat ini Janji Jiwa sudah memiliki lebih dari 900 outlet yang tersebar di 100 kota  seluruh Indonesia. Tidak mengherankan jika pada tahun 2019 mendapatkan rekor MURI, yaitu Pertumbuhan Kedai Kopi Tercepat. Selain itu Janji Jiwa juga mendapat Top Brand dua tahun berturut-turut, pada tahun 2020 dan 2021.

Yang menarik Janji Jiwa yang merupakan brand dari Jiwa Group, juga menyediakan Jiwa Toast sebagai pendamping minuman. Bahkan baru-baru ini kembali mengeluarkan pilihan pendamping lain yaitu Burger Geber.

Baca juga : 4 Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia Dan Perbedaannya

Salah satu cara promosi dilakukan Kopi Janji Jiwa dengan kolaborasi, baik itu dengan tokoh, lembaga atau brand produk-produk lain. Dan tidak dipungkiri cara tersebut cukup berhasil. Beberapa diantaranya yaitu, Muhammad Aga (Juara Barista Indonesia), Sasa Santan, Milo dan lain-lain.

Lalu berapa biaya yang diperlukan untuk franchise Janji Jiwa ? Dari beberapa sumber perlu biaya sebesar Rp 150 juta-200 juta, sudah termasuk biaya lisensi dan modal sebesar Rp 85 juta. Juga termasuk sewa tempat, promosi, karyawan dan peralatan lainnya.

Tetapi jika sudah memiliki tempat yang strategis dan beberapa kriteria yang sesuai dengan SOP Janji Jiwa. Hanya akan memerlukan biaya sebesar Rp 85 juta untuk franchise, juga sudah termasuk bimbingan SOP dan bantuan promosi.

Kopi Kenangan

Kopi Kenangan mulai berdiri dari tahun 2017, dan sejak saat itu bisa dikatakan sebagai salah satu franchise kopi yang cukup pesat perkembangannya. Mempunyai misi untuk mengenalkan dan menyebarkan kopi Indonesia ke dunia melalui brand Kopi Kenangan ini.

Total sampai saat ini Kopi Kenangan sudah memiliki karyawan lebih dari 5.000 orang dan 800 lebih outlet yang tersebar di 64 kota di seluruh Indonesia. Pada tahun 2020 saja Kopi Kenangan bisa menjual lebih dari 30 juta cangkir kopi.

Baca juga : Inilah Beberapa Tradisi Ngopi Yang Unik Di Indonesia

Tidak main-main Kopi Kenangan pun mendapatkan status sebagai unicorn pertama di industri food and beverages di Indonesia. Yang disayangkan ternyata Kopi Kenangan tidak membuka peluang untuk franchise brand kopi mereka.

Kopi Kulo

Berawal di tahun 2017 Kopi Kulo mengusung konsep coffee-to-go, dimana tidak menyediakan tempat untuk minum di tempat atau bersantai. Bisa dikatakan Kopi Kulo merupakan pioneer konsep tersebut di Indonesia.

Kopi Kulo sendiri merupakan brand pertama di bawah naungan Kulo Group, yang juga memiliki beberapa brand lain dalam industri food and beverages. Yang cukup terkenal antara lain Xi Bo Ba, Bu Eva Spesial Sambal, Kitamura, dan lain-lain.

Baca juga : Efek Positif Dan Negatif Meminum Kopi Bagi Kesehatan

Hingga saat ini Kopi Kulo memiliki outlet hingga 300 lebih yang tersebar di seluruh Indonesia. Yang menarik menu andalan bukan kopi susu seperti yang lainnya, tetapi minuman jus alpukat dicampur espresso dan es krim, yang diberi nama Avocatto.

Untuk biaya franchise, paling tidak memerlukan biaya sebesar Rp 155 juta. Dimana sudah termasuk franchise fee, kelengkapan peralatan dan stok awal, juga bantuan promosi. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di website Kopi Kulo.

Kopi Lain Hati

Kopi Lain Hati didirikan oleh artis Ririn Ekawati ini juga cukup dikenal di Indonesia. Tercatat sudah lebih dari 500 outlet di 95 kota yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan nama yang cukup unik, hal ini tentu menarik minat para konsumen, terutama kaum muda.

Nama-nama menu minumannya juga cukup menarik, relate dengan hal-hal asmara, seperti es kopi gemas, es kopi cemburu, dan lain sebagainya. Tetapi menu andalan-nya adalah es kopi duda keren, es kopi baper dan es kopi advokat. Nama yang menarik dan exposure di media sosial yang mungkin membuat Kopi Lain Hati diminati banyak orang.

Baca juga : Mengenal Sejarah Singkat Metode Seduh Manual Brewing

Untuk biaya franchise dan meski dimiliki oleh artis terkenal, bisa dibilang cukup murah. Dimana hanya memerlukan biaya sebesar Rp 75 juta rupiah, di luar biaya royalti sebesar Rp 1,5 juta tiap bulannya. Biaya tersebut sudah termasuk untuk kelengkapan peralatan.

Selain 4 brand di atas, ada beberapa yang brand yang juga membuka peluang untuk ikut franchise. Cetroo Coffee, dengan pengalamannya di industri food and beverages lebih dari 1 dekade. Kopi Soe, dengan es susu rum regal-nya yang menjadi menu andalan, dan lainnya.

Sudah mencicipi minuman-minuman baik kopi ataupun non kopi brand di atas ? Semuanya tentu punya ciri khas masing-masing. Jika di sekitar kalian terdapat banyak pilihan entah itu Janji Jiwa, Kenangan, Kulo atau lainnya, tidak ada salahnya untuk mengeksplor. Atau malah kalian tertarik untuk ikut bergabung dengan franchise mereka ? Silahkan berbagi di kolom komentar.

Selalu ikuti informasi terbaru perkembangan dunia kopi bersama LUDEN. Salam rahayu.